Fogging adalah suatu metode pengaplikasian cairan disinfektan atau insektisida ke udara dalam bentuk kabut (fog) halus. Proses ini menggunakan perangkat khusus yang disebut fogging machine atau mesin fogging untuk menghasilkan partikel-partikel kecil dari cairan disinfektan atau insektisida. Partikel-partikel kecil ini menyebar ke udara membentuk kabut yang dapat menjangkau area yang sulit dijangkau oleh metode aplikasi lainnya.

Beberapa tujuan umum fogging meliputi:

  1. Disinfeksi: Dalam konteks disinfeksi, fogging digunakan untuk mendistribusikan cairan disinfektan ke udara sehingga dapat mencapai area yang sulit dijangkau, seperti sudut-sudut ruangan, permukaan vertikal, dan bagian-bagian yang tidak terlihat secara langsung. Ini membantu mengurangi jumlah mikroorganisme patogen, termasuk bakteri dan virus.

2. Pest Control: Fogging juga sering digunakan untuk pengendalian hama, seperti nyamuk atau serangga lainnya. Kabut yang dihasilkan dapat menyebar ke area yang luas dan mencapai tempat-tempat di mana serangga berkumpul.

3. Deodorisasi: Penggunaan fogging dengan cairan deodoran dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap di udara atau di suatu ruangan.

4. Pembersihan Udara: Dalam beberapa kasus, fogging dapat digunakan untuk membersihkan udara dari partikel-partikel yang tidak diinginkan, seperti debu atau polutan.